GaleriTV Channel

Thursday, 16 January 2014



Cirebon kota yang unik, menarik untuk disinggahi. Kota yang terletak di pesisir Laut Jawa ini makin maju dan berpotensi, baik sebagai kota bisnis, juga sebagai daerah tujuan wisata. Itu karena letak Cirebon yang terbilang amat strategis, berada di persimpangan antara Jakarta, Bandung, dan Semarang. Kota Udang ini juga berkembang menjadi kota metropolitan ketiga di Jawa Barat, setelah metropolitan Bogor, Depok, dan Bekasi, yang merupakan hinterland atau kota penyangga bagi ibukota Jakarta dan metropolitan Bandung.
Sebagai daerah tujuan wisata, Cirebon menawarkan pesona wisata budaya dan sejarah. Tak heran jika karena itu Cirebon lantas menjadi salah satu kota pilihan karena adanya perpaduan dari semua itu; kota budaya, kota bisnis, dan kota wisata. Ketika singgah di kota itu, pastinya selalu ada yang unik di sana. Bukan hanya kekhasan kotanya, namun juga para penyedia jasa di sana, seperti keberadaan hotel-hotel yang semakin menjamur.
Hotel Santika Cirebon salah satunya. Terletak di Jl. Wahidin No.32, hotel ini teramat dekat dengan pusat kota. Hotel ini juga unik dan memiliki kekhasannya sendiri sebagai hotel bisnis dan keluarga. Jika melihat lokasinya yang cukup luas dengan bermacam tanaman atau lahan hijau yang ada, tampak sekali jika hotel milik PT. Grahawita Santika ini berkonsep semi-resor. Inilah salah satu keunikannya untuk sebuah hotel bisnis di tengah kota bisnis.
Sebagai bagian dari hiruk pikuk Kota Budaya Cirebon, Hotel Santika Cirebon pun menyerap budaya local ke dalam hotel. Ya, di manapun letak Hotel Santika, ia selalu menyertakan budaya setempat sebagai bagian dari kekhasan hotel. Ketika beranjak masuk ke dalam lobi saja, pemandangan khas budaya Cirebon sudah diperlihatkan. Setidaknya dari lampu-lampu hias lobi yang mirip desain lampu keraton Cirebon. Meja kayu panjang tempat penerimaan tamu juga berhiaskan ukiran bermotif mega mendung. Khas budaya Ciebon juga tampak pada kaca patri di bagian atas bangunan, dan juga gazebo yang penuh dengan ukiran khas Cirebon.

Tak hanya pada sentuhan fisiknya, Santika Cirebon juga menampilkan tarling, music tradisional Cirebon, rutin di hari-hari tertentu. Tak lain, ini tentu saja dimaksudkan juga untuk nguri-uri nilai-nilai tradisional Cirebon. Memang, kota yang akar budayanya tumbuh dari perpaduan budaya Cina, Arab, Sunda, dan Jawa ini banyak memberikan sentuhan pada hotel berbintang tiga dari grup Santika Indonesia Hotels & Resorts ini.

Meski budaya Cirebon dimasukkan dan menjadi suatu yang khas di hotel ini, namun dalam pelayanannya, Santika Cirebon tentu saja juga mengedepankan budaya modern. “Sesuai slogan Santika Indonesia Hotels & Resorts yaitu ‘hospitality from the heart’, Hotel Santika Cirebon pastinya memberikan produk dan pelayanan yang terbaik,” ujar Sales Manager, Niken Damayanti.

Bangunan dan lingkungan yang diciptakan tetap bernuansakan modern. Sebanyak 87 kamar tentu berstandar kamar hotel bebintang, terbagi dalam tipe superior, deluxe, executive, deluxe suite dan executive suite. Pastinya, setiap kamar dilengkapi bermacam fasilitas. Seperti misalnya akses internet nirkabel, yang tak hanya dapat diakses di dalam kamar, tapi juga di setiap sudut di Hotel Santika Cirebon.

Kolam renang outdoor, fitness center, sauna, lounge, business center, laundy service, pengantaran gratis dari dan menuju satsiun kereta api Cirebon, adalah beberapa fasilitas lainnya yang terdapat di hotel ini. Hotel Santika Cirebon juga memiliki Balai Agung Linggarjati, ruang pertemuan dengan kapasitas hingga 1.000 orang. Terdapat juga Paseban dan Manganti, ruang pertemuan yang dapat digunakan untuk seminar, pameran, peluncuran produk, gathering, pernikahan dan sebagainya.

Restoran Tamansari di hotel ini juga salah satu bagian dari fasilitas. Di restoran inilah sentuhan tradisional dan modern juga jelas terlihat. Sudah pasti, itu dapat dilihat dari bermacam jenis sajian yang disediakan. Menu-menu lokal Cirebon dan Nusantara mewakili gaya kuliner tradisional, sedangkan menu-menu oriental dan western mewakili gaya kuliner modern.

Dengan pelayanan dan fasilitas ini semua, tidak salah jika ternyata selama bertahun-tahun Hotel Santika Cirebon sering mendapat kepercayan sebagai tempat menginap para pejabat dan tamu VVIP. Para duta besar, menteri, dan bahkan presiden RI, tercatat paling sering menginap di hotel ini di saat melakukan kunjungan ke Cirebon.

Itulah sebuah bukti bahwa Hotel Santika Cirebon dapat memberi pelayanan yang baik. Tetapi demikian, tidak hanya tamu-tamu top yang dapat dan akan mendapatkan pelayanan yang terbaik di sini. Namun juga masyarakat umum, pebisnis, ataupun keluarga, pun akan mendapatkan pelayanan terbaik dan tulus dari hati.

Teks: FA Herru; Foto: Ist.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Subscribe