GaleriTV Channel

Tuesday, 21 January 2014

MesaStila adalah sebuah resort bernuansa luxury jungle yang terletak di ketinggian 700 mdpl di Desa Losari, Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Dengan luas area 22 hektar, MesaStila merupakan resort yang sunyi dan tenang. Orang-orang perkotaan yang menghargai liburan sebagai kegiatan menyepi, menenangkan diri, juga upaya untuk menyegarkan kembali jiwa raga, MesaStila sangat tepat menjadi lokasi tujuannya.

Separuh kawasan MesaStila adalah perkebunan kopi, separuh lainnya dijadikan area 23 villa joglo, serta bangunan fasilitas resort lainnya. Selain itu, di MesaStila juga terdapat beberapa bangunan tua era kolonial. Begitulah, MesaStila memanglah Sebuah eco resort eksklusif yang terletak di kawasan bersejarah peninggalan bangsa Belanda di Magelang, Jawa Tengah. Budaya, bangunan klasik, dan perkebunan kopinya tetap dilestarikan, tapi fasilitas resornya disesuaikan dengan kemajuan zaman.

Resort ini mengusung konsep wellness. Memang, MesaStila diharapkan menjadi healthy destination di Jawa Tengah. Dengan enam elemen yang ditawarkannya, resort ini mengajak para pengunjung untuk merasakan bagaimana hidup sehat. Itu ditunjukkan dari segala kegiatan yang ditawarkan saat menginap di sana, juga tentu saja dari kulinari yang ditawarkannya.

Di resort yang berlatar belakang delapan pegunungan ini, terdapat dua restoran dengan pemandangan indahnya. Yaitu Java Green dan Java Red. Perbedaannya adalah lokasi di mana restoran tersebut berada. Java Green merupakan restoran yang berada dekat dengan fasilitas seperti club house, kantor kedatangan, dan galeri. Sedangkan Java Red adalah restoran yang berada di dekat kolam renang dan spa dimana para tamu dapat dengan leluasa menikmati pemandangan alam yang indah sekaligus bersantai sejenak setelah melakukan Spa, pijat tubuh, dan perawatan lainnya.

Selain itu, Java Green menyuguhkan menu-menu wellness. Bermacam varian menu disediakan dan semua diolah dengan cara yang baik dan sehat. Dalam setiap masakan, kandungan gula, garam, kadar kolesterol dan sebagainya telah diukur. Sehingga semuanya tak berlebihan dan justru mengedepankan kesehatan. Bukan berarti menu-menu itu lantas kurang sedap, tapi justru sebaliknya. Biasanya makanan sehat itu tidak sedap dan tak bervariasi, namun di sini pengunjung akan menemukan kebalikannya.

Meski demikian, MesStila juga tak kaku pada konsep sehat itu. Di Java Red, pengunjung masih bisa merasakan menu-menu di luar itu. Di Java Red, pengunjung masih dapat merasakan menu-menu unwelness. Bukan berarti lantas serta merta menyajikan menu yang benar-benar tak sehat, tetapi di sini menu-menu yang dibilang tak sehat itu juga sedapat mungkin dikurangi kadar atau hal yang membuatnya jadi tak sehat. Paling tidak, ada beberapa langkah pengolahan yang baik, yang membuatnya menjadi menu lezat namun sangat berkurang kadar tak sehatnya.

Java Red menyajikan hidangan-hidangan heritage cuisine. Mengedepankan masakan-masakan lokal Jawa Tengah, masakan yang biasa terdapat di meja makan rumahan. Tak hanya itu, di sini juga menyajikan menu ala Barat, Asia, serta mix antara keduanya. Semua dikreasi dan diolah oleh chef berpengalaman yang ditekankan untuk memasak dengan bahan-bahan segar serta cara yang sehat.

Tempo hari, Kabare berkesempatan merasakan aneka hidangan di resto MesaStila ini. Ada tiga menu yang kemudian dapat kami potret untuk Anda, para pengunjung. Ketiganya adalah menu-menu andalan restoran ini. Yang pertama adalah Beef Rendang.

Beef Rendang adalah masakan mix antara Asia, dalam hal ini Indonesia, dan western. Ini adalah main menu, yang terdiri dari nasi merah, daun ubi tumbuk, serta daging sapi (beef) yang diolah rendang. Inilah, meski menyajikan daging yang masuk kategori unwellness, namun penyajiannya tetap menggunakan nasi merah yang kadar gulanya sedikit dan nutrisinya lebih banyak dibanding nasi putih. Juga ditambah sayuran hijau yang segar dan sehat.

Kedua adalah menu pembuka (starter) yaitu Orange Chicken Salad. Berisi sayuran dan buah-buahan seperti kacang panjang, jeruk mandarin, stroberi, water crash, juga kacang mete. Di menu ini juga ditambah daging ayam yang sudah diolah dan dibumbui. Menu ini menggunakan juga saus, yaitu saus kari.

Kemudian yang terakhir adalah menu penutup, sebuah menu yang diberi nama Warm Chocolate Merapi Larva. Yaitu berisi cake coklat yang dibuat dari coklat diet, es krim sorbet vanila, serta dibubuhi saus mangga dan stroberi. Ketika disajikan, sekilas menu satu ini memang mirip sebuah guning dengan lelehan laharnya. Ya, cukup unik sekaligus sedap tentu saja.

Teks: FA Herru; Foto: Budi Prast

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Subscribe