GaleriTV Channel

Friday, 14 February 2014

Mungkin, Yogyakarta adalah kota yang paling sering dikunjungi orang. Tak hanya berjumlah ribuan, mereka yang sering bolak-balik ke sana. Sebagai kota yang menyandang lebih dari satu julukan, Yogyakarta tentu memiliki banyak hal yang unik dan menarik, yang menjadi magnet mereka yang selalu kembali ke Kota Gudeg itu. Seperti dari ragam kulinernya. Seiring dengan meningkatnya angka kunjungan, dunia kuliner di sana pun menjadi berkembang pula beragam. Banyak sekali restoran yang menyajikan bermacam menu berbeda satu dengan lainnya. Itu salah satu yang unik dan menarik di Yogyakarta.

Saffron Restaurant salah satunya. Di daftar menu a la carte Saffron Restaurant, terpampang bermacam hidangan Nusantara, Eropa, dan Asia yang istimewa. Yang pasti, di dapur restoran itu berdiri chef dan juru masak hebat yang memiliki ide-ide cemerlang untuk menciptakan hidangan-hidangan khas, yang tentu saja jarang tersedia atau bahkan tidak ada di restoran lain.

Hidangan-hidangan di Saffron Restaurant memang layak dicoba. Memang, ada orang bilang makanan-makanan hotel cita rasanya selalu sama saja, tak jauh beda antara hotel satu dengan yang lainnya. Akan tetapi untuk membuktikan opini itu, tak ada kecuali selain harus mencobanya sendiri. Yang pasti, Anda tidak akan kecewa setelah datang ke sana. Karena bagaimanapun juga, setiap restoran, apalagi restoran di hotel berbintang, selalu berkompetisi untuk menyajikan yang berbeda dan terbaik.

Saffron Restaurant adalah restoran utama di hotel Grand Aston Yogyakarta. Hotel berbintang lima di Jl Urip Sumoharjo 37 ini sudah menuai banyak tamu meskipun termasuk salah satu hotel baru di Yogyakarta. Pastinya, hotel berkonsep modern namun tetap memberi sentuhan tradisional Jawa ini menawarkan kenyamanan dan ketenangan kepada para tamunya. Meskipun berada di tengah kota, di salah satu area pusat perbelanjan, dan juga berdampingan dengan ruas jalan yang selalu ramai, namun tamu tetap akan merasakan ketenangan dan kenyamanan ketika berada di dalamnya.

Kenyamanan di Grand Aston Yogyakarta tidak hanya dalam hal pelayanan dan fasilitas kamarnya saja. Seperti diutarakan tadi, hotel ini juga memiliki restoran yang hidangan-hidangannya recommended untuk dicoba. Ya, berwisata kuliner memang bisa jadi di resto hotel, tak melulu di gerai-gerai tradisional atau di restoran lain di luar hotel. Keasyikannya tidak akan berkurang, justru malah dapat menambah referensi daftar tujuan wisata kuliner sekaligus tujuan menginap di Yogyakarta.

Di antara ratusan menu atau hidangan istimewa yang disediakan di Saffron Restaurant, toh ada beberapa di antaranya yang menjadi andalan dan paling sering dipilih para tamunya. Menurut Chef Kepala Saffron Restaurant, Totok Siswantoko, menu Cocktail Soup Kedondong salah satu hidangan yang wajib dinikmati. Itulah sop buntut yang menggunakan buah kedondong sebagai salah satu campurannya.

Kalau Anda dapat membayangkan lezatnya sop buntut, pasti Anda pun dapat membayakan bagaimana cita rasa hidangan Nusantara kreasi Chef Totok tersebut. Menu lain yang juga direkomendasikan untuk dicoba adalah ragam hidangan pizza ala Prancisnya. Namun begitu, pada kesempatan ini, Chef Totok juga ingin memperkenalkan tiga hidangan Saffron Restaurant lain yang tak kalah istimewanya.
Yang pertama adalah main menu Pave of Salmon. Hidangan ini berupa ikan salem tasmania panggang yang kulitnya berasa sangat crispy, disajikan dengan sayuran hijau yang segar, ditemani saus jeruk, kapulaga dan pure kentang ungu. Menurut Chef Totok, ternyata aneka olahan ikan salem termasuk hidangan-hidangan yang juga sering kali dipesan para tamu Saffron Restaurant.

All day dining resto ini juga memiliki menu paket yang unik. Quick Lunch adalah sajian menu-menu paketan yang juga ingin diperkenalkan Saffron Restaurant kepada pembaca Kabare. Setiap hari disediakan tiga menu; Nusantara, Western, dan Asian. Dan setiap hari juga menu-menu Quick Lunch ini disajikan dengan hidangan yang berbeda-beda.

Menu Quick Lunch kali ini adalah hidangan bercita rasa Jepang. Dalam satu sajian paket Japanese ini, dihidangkan gohan rice, miso soup, serta daging ayam dengan saus teriyaki, sebagai menu beratnya. Paket ini juga ditambah dengan hidangan penutup berupa potongan buah-buahan, serta segelas ice tea yang segar. Uniknya, bila tamu memesan menu Quick Lunch, maka akan segera terhidang paling 20 menit kemudian. Dan jika tiba di meja lebih dari waktu yang ditentukan itu, maka menu ini akan disajikan free untuk pemesannya.

Seperti yang dapat dilihat pada gambar, hidangan selanjutnya adalah Manggo Pandan Tiramisu Cake. Ini adalah salah satu menu penutup yang dapat dinikmati di Saffron Restaurant. Tapi, cake ini juga dapat dipesan di cake shop hotel tersebut. Cake ini terdiri dari tiga lapis, yaitu pandan sponge, mango mouse, dan tiramisu, yang pastinya masing-masing memiliki rasa yang berbeda. Jadi tiga rasa menyatu dalam satu cake. Manggo Pandan Tiramisu Cake cukup lembut, dan tentu saja cukup unik.

Demikian beberapa sajian hidangan Saffron Restaurant. Jadi jika Anda berniat berkunjung ke Yogyakarta, tak perlu ragu untuk menuju hotel Grand Aston Yogyakarta. Suasana hotel dan kamarnya yang nyaman, pelayanannya yang ramah, serta restorannya yang menyajikan hidangan-hidangan istimewa lagi unik itu, dapat menjadi satu tujuan pasti perjalanan Anda ke Yogyakarta.

Teks: FA Heru; Foto: Budi Prast

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Subscribe