GaleriTV Channel

Saturday, 8 February 2014

Wonosobo sayang jika dilewatkan. Sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang wilayahnya dekat dengan Gunung Sindoro dan Sumbing ini menjanjikan pesona objek wisata alam dan kuliner. Di sana terdapat beberapa telaga, candi-candi, serta ratusan hektar perkebunan teh. Pesona itulah yang membuat daerah berhawa sejuk dan bersih ini layak menjadi tujuan Anda jika sedang traveling ke Jawa Tengah.

Selain banyak wisata alamnya yang indah, ragam kuliner Wonosobo juga ngangeni. Meski bukan hidangan mewah, makanan-makanan dari daerah itu dapat menciptakan kenikmatan bersantap, terlebih untuk mereka yang rindu aroma tradisional.

Seperti yang disajikan di Dieng Kledung Pass Hotel & Restaurant. Hotel ini memiliki restoran yang letaknya di halaman depan, yang kerap kali jadi jujugan bus-bus wisata yang inin menikmati sajian tradisional. Bermacam hidangan tradisional tersedia, juga makanan-makanan khas Wonosobo sendiri. Yang khas dan menjadi kegemaran banyak pengunjung adalah hidangan Sate Tempe dan Sate Jamur.

Sate Tempe di sana cukup lezat, masakan spesial di Dieng Kledung Pass. Hidangan ini adalah menu warisan orangtua sang empunya hotel dan restoran tersebut yang sering dibuat sejak puluhan tahun lalu. Dimasak bacem, Sate Tempe itu berasa gurih-manis dan memiliki aroma yang khas sekali.

Pun demikian Sate Jamurnya. Dibuat dari jamur kancing, diolah hingga berasa “sangat sate” dengan bumbu kacang. Menurut sang pemilik, Pak Agus Thugianto, para menteri kabinet pun suka hidangan sehat yang satu ini.

Soal “jamur menjamur”, di restoran itu juga tersedia masakan tradisional lain berbahan jamur. Di antaranya botok jamur dan tongseng jamur. Nah, kalau ingin menikmati rasanya, silakan saja mampir ke sana jika nanti Anda berwisata ke Wonosobo. Dieng Kledung Pass Hotel & Restaurant berada di Jl. Raya Wonosobo-Parakan Km 17, Wonosobo.

Teks: FA Heru; Foto: Budi Prast

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Subscribe