GaleriTV Channel

Tuesday, 15 April 2014


Bagi pejalan wisata, Yogyakarta bisa dipastikan takkan luput dari pijakan langkahnya. Kota itu memang ngangeni, selalu punya daya tarik untuk dikunjungi. Selain memiliki suasana kota, seni budaya, ragam kuliner, serta sejumlah objek wisata yang mengagumkan, Yogyakarta juga punya beragam akomodasi komersial menarik yang dapat dijadikan sebagai hunian mereka sementara.

Hotel dan juga resort memang bertebaran di kota itu. Masing-masing menawarkan ciri khas dan kenyamanan suasana. Baik yang terletak di tengah kota atau di lokasi-lokasi tertentu yang jauh dari keramaian, akomodasi komersial di kota itu selalu punya “magnet” agar para pejalan wisata tertarik untuk singgah.

Salah satu hunian sementara yang cukup bermagnet adalah Sambi Resort, Spa and Resto. Berlokasi jauh dari hiruk pikuk kota, Sambi tak hanya melahirkan kebutuhan mendasar para pejalan wisata di Kota Budaya itu. Tapi resort ini tampaknya juga diupayakan tampil sebagai perwujudan dari kalimat pendek puitis yang terdapat dalam kamus para pejalan wisata; a home away from home. Sambi mewujud menjadi tempat tinggal sementara yang tidak sekadar membuat para pesinggahnya dapat merasa seperti tinggal di rumah sendiri, namun juga membuatnya merasa kerasan dan ingin kembali lagi.

Sambi memanglah sebuah resort yang didesain cukup homy. Menempati lahan seluas 2,5 hektare, memasuki Sambi laksana memasuki sebuah alam perkampungan nan sejuk dan adem. Suasana perkampungan yang didesain sedemikian rupa, hingga tercipta satu tatanan kampung yang nyaman lagi indah. Puluhan pohon kelapa serta bermacam pepohonan lain merindangi Sambi. Tumbuh-tumbuhan hias pun mempercantik suasananya. Sebuah sungai kecil berair jernih melintang di areal resort, menambah suasana Sambi semakin mengena.

Tak hanya itu, resort yang satu ini juga dipagari dengan bentangan persawahan khas Yogyakarta. Selagi menguning, persawahan itu cukup memesona ketika semburat cahaya senja jatuh di atasnya. Sambi terletak di Kaliurang, kawasan wisata kaki Merapi yang cukup terkenal di Yogyakarta dengan hawanya yang sejuk. Ketika cuaca bersih dan bersahabat, Gunung Merapi yang megah dapat terlihat dari Sambi. Indah dan nyamannya Sambi Resort, Spa and Resto juga terdukung oleh lokasi resort yang berada di tengah kampung wisata, yaitu Kampung Wisata Sambi di Jl. Kaliurang Km 19,2 Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Sebagai tempat peristirahatan Sambi Resort, Spa and Resto memiliki 43 kamar yang berdesain modern minimalis dengan 6 tipe, yang terbagi terbagi 20 deluxe room, 1 suite room, 7 cottage, 1 president suite, 13 family deluxe, dan 1 dormy room. Masing-masing tipe berdiri dalam satu bangunan terpisah, menyebar di lokasi resort hingga tampak seperti rumah-rumah khas di perkampungan.

Dengan itu, tak salah rasanya jika Sambi Resort, Spa and Resto ini menjadi rumah kedua para pejalan wisata. Di sinilah para penikmat wisata benar-benar dapat beristirahat dengan tenang dan nyaman, sekaligus menikmati alam yang asi dengan udara sejuk dan minim polusi. Tempat yang tepat untuk sejenak melupakan hiruk pikuk kota serta menjauh dari hura-hura tempat-tempat wisata yang lain.

Budaya dan kekhasan Yogyakarta tentu tak dikesampingkan oleh Sambi. Servis dan pelayanannya sangat khas dan berbudaya Jawa. Sebagai bagian dari fasilitas resort tersebut, terdapat restoran dimana para pejalan wisata yang menginap di Sambi dapat menikmati bermacam makanan dan minuman tradisional Jawa mulai pembuka hingga penutup. Namun begitu, mereka yang suka menikmati hidangan western pun dapat juga memesan aneka pasta di Sambi Restaurant.

Pelayanan dan fasilitas yang maksimal memang menjadi perhatian tersendiri oleh para pengasuh Sambi Resort, Spa and Resto. Hal itu sedang dan selalu diusahakan oleh mereka demi kenyamanan pengunjungnya agar dapat merasakan pengalaman menginap yang lebih dari sekadar tinggal di rumah sendiri. Karena itu, di resort ini para pengunjung dapat pula menikmati layanan spa dan pijat refleksi. Ruangan-ruangannya didesain unik di tepi sungai kecil, menghadap tebingnya.

Selain itu, sebagai penyedia akomodasi, Sambi pun memiliki fasilitas-fasilitas lain. Seperti yoga dan meditasi, out bond, lalu juga 2 ruang pertemuan yang masing-masing berkapasitas 180 dan 30 orang. Di Sambi, para pejalan wisata juga dapat menikmati paket perjalanan yang telah disediakan, sepeti eco tourism, agro tourism, dan juga trekking, serta bicycle tour mengelilingi Desa Wisata Sambi.

Tak hanya itu, Sambi juga menyediakan perjalanan advent-tour yaitu perjalanan wisata menggunakan kendaraan adventur menikmati sisa-sisa erupsi Merapi tahun 2010 silam dengan melintasi desa-desa di lereng Merapi yang terkena dampaknya. Sebuah perjalanan lava tour yang cukup menyenangkan dan mengasyikkan. Bahkan, menurut hotel manager, lava tour ini adalah perjalanan yang paling sering diminati para pengunjung Sambi Resort. Ya, selain menyediakan tempat peristirahatan yang sejuk dan tenang, tak lupa Sambi tentu juga menyediakan paket-paket wisata bersenang-senang tersebut.

Sekali lagi, Sambi memang sebuah resort di Yogyakarta yang cukup bebeda. Nyaman, tenang, damai, dan apapun yang menyangkut pelepasan penat, bisa di dapat di Sambi. Karena keindahan dan keunikan lokasi dan tata resortnya, tak jarang Sambi digunakan sebagai tempat melaksanakan bermacam pesta, seperti misalnya pesta reuni, ulang tahun atau juga pernikahan. Untuk yang satu ini, Sambi pun telah menyediakan paket-paketnya.

Demikian, dengan berbekal suasana asri khas pedesaan atau perkampungan, bermacam fasilitas dan keramahan pelayanan, lalu juga atmosfer yang menenangkan jiwa, Sambi Resort, Spa and Resto pantas menjadi pilihan para pejalan wisata ketika mengistirahatkan kakinya di Kota Yogyakarta. Di resort inilah, satu sisi ketenangan dan kenyamanan Kota Yogyakarta bias dinikmati dengan seksama.

Teks: FA Herru; Foto: Budi Prast

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Subscribe