GaleriTV Channel

Tuesday, 9 July 2013

Bukankah ini yang dikatakan romantisme bersantap, di kala dihadapan Anda terhidang menu-menu lezat serta moleknya tubuh gunung dan candi-candi yang tampak begitu indah dari ketinggian?

Jika iya, itu berarti Anda musti mencoba datang ke restoran ini. Abhayagiri Restaurant menghadirkan suasana itu, yang pastinya jarang sekali Anda rasakan sebelumnya ketika Anda menghelat acara bersantap di seputaran Kota Yogyakarta. Kota gudeg itu memang terkenal memiliki objek-objek sangat menarik, seperti gunung Merapi dan beberapa candi-candi yang rupawan. Di Abhayagiri Restaurant ini, apa yang Anda butuhkan, Anda akan mendapatkannya.

Tidaklah sulit dan merepotkan bila Anda terpantik ingin berkunjung ke sana. Abhayagiri Restaurant berada lebih kurang 30 kilometer ke timur dari pusat Kota Yogyakarta, dan tak jauh dari kompleks Candi Prambanan, apalagi dengan kompleks Candi Ratu Boko. Restoran ini berada di atas Bukit Boko, sama seperti kompleks Candi Ratu Boko.

Abhayagiri Restaurant menyatu dengan kompleks Sumberwatu Heritage, sebuah resort baru di Yogyakarta yang menawarkan villa dan restoran. Tentu, bukan tanpa alasan sang pemilik mendirikan sebuah resort elegan di atas Bukit Boko. Di bukit itulah pada abad ke-8 lalu telah dibangun Istana Ratu Boko oleh Rakai Panangkaran. Sebuah istana megah di zaman Mataram Kuno yang pada awalnya bernama Abhayagiri Vihara, yang berarti biara di bukit yang penuh kedamaian. Istana batu ini dulu menjadi tempat menyepi dan memfokuskan diri dalam kehidupan spiritual.

Ketenangan batinlah yang ingin dicapai di tempat itu. Istana Ratu Boko memang sebuah kompleks candi Hindhu paling indah dan megah di atas Bukit Boko. Namun tak hanya itu, di bukit itu juga terdapat lima candi Hindhu – Budha lainnya, yaitu Candi Banyunibo, Barong, Ijo, Sojiwan, dan Archa Ganesha, yang sewaktu-waktu dapat pula Anda kunjungi. Jadi jelas, selain panorama alam yang menakjubkan, bukit itulah suatu tempat dimana ketenangan dan kedamaian menjadi atmosfernya. Anda tentu juga tak sulit menebak, mengapa Sumberwatu Heritage Resort dibangun di sana. Sehingga pastinya, bagi Anda yang merindukan suasana ketenangan, Sumberwatu Heritage dapat menjadi tempat tepat memperolehnya.

Sumberwatu Heritage dikonsep pula berdasar pada situs-situs yang ada di sekitarnya. Satu kompleks resort seluas 2,5 hektare di punggung bukit, dikelilingi pagar tinggi yang tersusun dari batu-batu andesit. Di dalamnya terdapat sebentuk bangunan rumah limasan besar, cukup elegan dengan tatanan interior yang amat Jawa berpadu modern. Itulah Abhayagiri Restaurant.

Di sebelah Abhayagiri Restaurant, berdiri pula bangunan villa yang dikonsep sama; Jawa modern. Dan sebagai tempat pertemuan, Sumberwatu Heritage juga menyediakan pendopo joglo yang diadopsi dari bekas rumah tua berusia 400 tahun, dilengkapi dengan lampu tua yang dulu pernah digunakan Presiden Soekarno sebagai pengindahnya. Di ketiga bangunan itu, tata interiornya pun dilengkapi dengan konsep-konsep motif batik, seperti pada lantainya, yang menambah cantik suasananya.

Sedangkan bebatuan andesit tetap tampak mendominasi, menutupi banyak bagian-bagian dinding. Terutama pada bangunan lobi yang sangat mirip dengan bentuk Gapura Paduraksa, regol atau pintu masuk Candi Ratu Boko. Nuansa candi dan kultur Jawa dengan sentuhan modern seperti itulah yang ingin diciptakan di Sumberwatu Heritage Resort.

Namun tak hanya itu. Seperti disebut di awal, resort ini juga menawarkan panorama menakjubkan yang dapat menambah jiwa Anda nyaman bersentuhan dengan ketenangan dan kedamaian. Dan Abhayagiri Restaurat merupakan satu tempat paling strategis untuk menyaksikan lukisan Sang Pencipta itu. Di situlah Anda dapat menyaksikan dengan jelas kemolekan tubuh utuh Gunung Merapi yang tampak segaris lurus dengan Candi Prambanan dan Candi Sojiwan, serta lembaran lebar panorama alam di sekelilingnya.

Lukisan alam yang tak bertara itu, tentunya juga menjadi satu objek yang dapat menambah selera bersantap Anda. Dengan bersantap di atas balkon beranda restoran, kesan romantis akan segera mengambang menjadi nuansanya.

Kenyamanan bersantap di Abhayagiri Restaurant pun tersaji dari beragam menu-menu yang ditawarkan. Dilayani secara istimewa oleh para stafnya, Anda dapat memesan bermacam hidangan yang semuanya berbahan dasar lokal namun bergaya internasional tanpa meninggalkan citarasa kelokalannya. Dengan keahlian para juru masaknya, bahan-bahan yang didapat dari kampung-kampung sekitar akan diramu dengan teknik dan cara memasak internasional, sehingga tercipta hidangan-hidangan lezat dan menarik dalam setiap porsinya.

Beberapa hidangannya, seperti Abhayagiri Duck Special. Bahan dasarnya berupa itik atau dalam bahasa Jawa enthok yang diolah slow cooking dengan api kecil, akan membuat dagingnya empuk. Disajikan dengan nasi kuning yang dibentuk steak ditambah lumeran saus, menu yang satu ini amat lezat disantap.

Ada pula Hand Roasted Salmon. Ikan salmon roasted yang disajikan dengan olahan jamur tiram, salad dan saus anggur. Terasa gurih asin di lidah, dan ada sensasi buah yang mendampingi rasa itu. Abhayagiri Chicken Steak pun ada, dan cukup memberi nuansa hidangan internasional tanpa menyisihkan rasa bahan-bahan lokal. Disajikan dengan singkong yang dihaluskan atau mass cassava, dibubuhi saus teriyaki dan garden salad, sungguh menggoda lidah.

Keahlian koki Abhayagiri Restaurant dalam memadukan bahan-bahan lokal dengan cita rasa internasional akan menghasilkan makanan yang tidak saja nikmat namun juga terlihat menarik dalam penyajiannya. Abhayagiri Restaurant memang tempat tepat bagi Anda untuk bersantap dengan suasana damai, tenang, dan nyaman.

Teks: FA Herru; Foto: Budi Prast.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
This Is The Oldest Page

Advertisement

Subscribe